Friday May 27, 2022

Cara untuk Bisa Mempercepat Kinerja Windows 7

Auto Draft

Ya, meskipun bisa dibilang usianya sudah cukup tua dan sudah ketinggalan zaman, tetapi pada saat ini masih banyak orang yang menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi yang ada di PC atau laptop orang-orang.

Hal ini tentu saja dapat dimaklumi, karena performa dan juga kompatibilitas yang ditawarkan oleh Windows 7 ini memang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Windows 8.

Walaupun sudah bisa dibilang ringan dan juga cepat, tetapi kita masih bisa memaksimalkan kinerja dari Windows 7 ini dengan melakukan beberapa pengaturan yang bisa dilakukan sendiri.

Auto Draft

Terdapat beberapa cara mempercepat kinerja Windows 7 yang dapat kamu lakukan sendiri dengan mudah, yaitu sebagai berikut.

1. Melakukan Uninstall Bloatware

Perlu kamu ketahui bahwa Bloatware merupakan istilah yang merujuk pada perangkat lunak atau software yang sudah diinstall pada saat kamu melakukan pembelian PC atau laptop.

Berbagai macam software ini biasanya banyak yang tidak dibutuhkan dalam penggunaan sehari-hari, sehingga hanya akan menghabiskan ruang penyimpanan dan juga daya komputer saja tanpa ada manfaat sama sekali. Selain itu, biasanya beberapa software ini juga berjalan secara otomatis pada saat komputer akan dinyalakan sehingga akan memperlambat dalam proses booting.

Oleh karena itu, software tersebut harus secepatnya dihilangkan atau dihapus dari sistem operasi Windows 7.

2. Batasi Startup proses

Cara yang kedua adalah dengan melakukan pembatasan terhadap proses startup atau dengan kata lain membatasi proses yang berjalan pada saat Windows 7 sedang dinyalakan.

Dalam hal ini kamu bisa mengetik MSCONFIG di dalam kolom pencarian lalu tekan tombol enter. Kemudian kamu perlu membuka tab Startup dan kamu akan melihat daftar proses, aplikasi dan juga pengaturannya.

Nah, berdasarkan data daftar tersebut kamu mencari proses yang sekiranya memang tidak dibutuhkan untuk dijalankan pada saat start up, misalnya seperti GoogleUpdate dan juga QuickTime.

Kemudian kamu perlu untuk menghilangkan ceklist yang ada pada proses tersebut untuk mematikannya. Akan tetapi, dalam hal ini kamu perlu ingat bahwa jangan pernah menghilangkan ceklist untuk yang berhubungan dengan hardware dan juga keamanan karena bisa mengganggu kinerja dari Windows 7.

Jika kamu ingin mencari informasi yang lebih lengkap tentang dunia teknologi dan game terutama yang berkaitan dengan masalah sistem operasi, kamu bisa mengunjungi situs teknologi terlengkap dan terupdate, yaitu teknozone.id. Ya, pada saat ini memang Tekno Zone adalah salah satu situs yang paling update dan lengkap.

3. Melakukan Tambah RAM

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya memang pada dasarnya Windows 7 ini lebih ringan jika dibandingkan dengan Windows 8, tetapi jika kamu melakukan upgrade dari Windows XP tentu saja kamu akan merasakan kinerja yang sedikit lebih lambat.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan kapasitas RAM yang ada di dalam PC atau laptop yang kamu miliki.

Idealnya ukuran dari RAM untuk Windows 7 32 bit adalah 2 GB sedangkan untuk Windows 7 versi 64 bit adalah sebesar 4 GB. Nah, apabila kapasitas RAM PC yang kamu miliki masih dibawah ini, maka kamu sangat diwajibkan untuk melakukan upgrade RAM yang ada di perangkat yang kamu miliki.

x6zo6

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top