Friday May 27, 2022

Resep dan Cara Membuat Peyek Ikan Dijamin Renyah

Auto Draft

Siapa disini yang suka ngemil yang renyah-renyah dan gurih? Mungkin rempeyek bisa jadi referensi cemilan yang renyah dan gurih bagi sobat. Kalau biasanya rempeyek kacang, kali ini saya akan berbagi resep dan cara membuat peyek ikan 

Sebelum saya menjelaskan resep dan cara pembuatannya, saya akan berbagi sedikit informasi nih buat sobat-sobat dirumah, simak baik-baik informasinya ya.

Auto Draft

Siapa sih yang nggak kenal rempeyek atau peyek ini? Rempeyek merupakan cemilan sejenis gorengan khas Jawa. Rasanya yang asin, renyah dan gurih ini membuat siapapun yang memakannya menjadi kecanduan. 

Rempeyek biasanya digunakan sebagai lauk makan, terkadang juga cemilan. Rempeyek  ditemukan di  Yogyakarta pada sekitar abad ke-16. Rempeyek atau lebih sering disapa dengan peyek ini sebenarnya merupakan gabungan dari kata-kata. 

Yaitu " rempah-rempah " dan " jiyek " yang artinya gepeng dan lebar. Rempeyek sendiri terbuat dari campuran tepung beras yang diberi tambahan topping seperti kacang, daun jeruk, daun bayam, teri, ebi hingga udang. 

Bentuk rempeyek biasanya gepeng dan tidak beraturan. Tapi akhir-akhir ini ada yang membuatnya dengan cetakan yang berbentuk lingkaran, tanpa meninggalkan rasa khas rempeyek. Hanya bentuknya saja yang berbeda. 

Nah itulah sedikit informasi mengenai rempeyek semoga dapat menambah wawasan pengetahuan sobat ya. Langsung saja yuk kita menuju ke resep dan cara membuat rempeyek ikan 

Cara Membuat Rempeyek Ikan 

Bahan-Bahan 

  • 8 siung bawang putih 
  • 1/2 ruas kunyit 
  • 1 ruas kencur 
  • 2 sendok teh ketumbar 
  • 5 buah kemiri 
  • 500 gram  tepung beras 
  • 1 sendok makan munjung tepung tapioka 
  • 1/2 sendok makan masako ( opsional sesuai selera ) 
  • 1/4 sendok teh garam 
  • 13 lembar daun jeruk yang sudah di iris tipis 
  • 1 butir telur 
  • 700 ml santan 
  • Ikan cethol yang sudah dicuci bersih 

Cara Membuat

  1. Langkah pertama yaitu haluskan bawang putih, kunyit, kencur, ketumbar dan juga kemiri menggunakan ulegan atau boleh juga menggunkaan chopper. 
  2. Siapkan wadah masukkan 500 gram tepung beras, 1 sendok makan munjung tepung tapioka, bumbu yang telah di haluskan. Tambahkan 1/2 sendok makan masako, 1/4 sendok teh garam, daun jeruk yang sudah di iris tipis, 1 butir telur, 700 ml santan. Kemudian aduk semua bahan hingga tercampur rata 
  3. Jika sudah tercampur rata, tambahkan ikan cethol ke dalam adonan tersebut. Cara mememasukanya sedikit demi sedikit ya sob 
  4. Langkah berikutnya yaitu panaskan minyak dalam wajan. Kemudian tuang adonan di bagian pinggir wajan
  5. Setelah matang ( berwarna kuning keemasan ), angkat lalu tiriskan
  6. Rempeyek siap disajikan 

Jika sobat kurang suka dengan ikan cethol anda bisa menggantinya dengan ikan teri, udang, atau teri sesuai selera ya. 

Menggoreng rempeyek tidak perlu dibalik agar tidak hancur. Cukup menggunakan minyak yang banyak supaya semua bagian rempeyek terkena minyak panas tanpa harus di bolak balik. 

Rempeyek merupakan sejenis gorengan jadi mengandung banyak minyak. Nah untuk mengurangi kadar minyak dalam rempeyek dibutuhkan mesin spinner. Dengan menggunakan mesin rempeyek tidak akan terlihat berminyak tetapi tetap gurih. 

Jika anda ingin memulai bisnis rempeyek atau jenis keripik lainya sebaiknya anda menggunakan mesin vacum frying. Yaitu sebuah mesin yang digunakan untuk menggoreng peyek atau keripik dengan metode vacum " sedot ". 

Kelebihan menggunakan mesin ini adalah kita dapat menggoreng sekalipun dengan suhu rendah seperti 70 derajat. Beberapa keripik tidak tahan dengan penggorengan yang sangat panas, maka mesin ini bisa jadi solusinya.  Mesin ini sangatlah praktis jadi akan membuat proses produksi menjadi lebih cepat dan efisien. 

Nah sekian dulu ya penjelasan mengenai resep dan cara membuat peyek ikan. Semoga informasi ini dapat membawa manfaat bagi sobat. Selamat mencobanya dan semoga berhasil! 

x6zo6

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top