Friday May 27, 2022

Yuk Ketahui Berbagai Hal Tentang Kas Kecil Lebih Lengkap Lagi

Auto Draft

Pada saat disekolah pasti pernah mengumpulkan uang kas ke bendahara kelas. Jumlah kas tersebut dirundingkan dan disepakati bersama. Yang mana uang tersebut digunakan untuk keperluan kelas. Mulai dari fotocopy, pembelian LKS, ataupun yang lainnya.

Perusahaan juga memiliki kas. Sama halnya seperti kas disekolahan, kas pada perusahaan juga digunakan untuk keperluan perusahaan tersebut. Mulai dari operasional, semua kebutuhan, dan lain lain.

Salah satu jenis kas yang ada pada perusahaan adalah kas kecil. Kas kecil ini sangat berperan penting dalam sebuah perusahaan.

Kas kecil atau yang yang biasa disebut petty cash, harus selalu ada di kantor dengan jumlah terbatas.

Nah, untuk mengenal lebih jauh mengenai kas kecil, yuk simak penjelasan berikut atau kunjungi situs mastahbisnis.com untuk mendapatkan informasi seputar bisnis.

 

Pengertian Kas Kecil

Kas kecil atau petty cash adalah anggaran perusahaan baik berupa uang logam ataupun kertas, yang digunakan untuk membiayai berbagai operasional atau menyukupi kebutuhan pemimpin yang erat kaitannya dengan kegiatan perusahaan tersebut.

Jumlah uang pada kas kecil relatif sedikit atau kecil. Meskipun kecil namun tetap masuk ke dalam laporan keuangan perusahaan.  Salah satu menjadi alasan adanya kas kecil adalah perusahaan membutuhkan pengeluaran dengan waktu singkat dan jumlah yang sedikit. Dengan adanya kas kecil ini, perusahaan tidak harus pergi ke bank untuk meminjam uang.

Auto Draft

Tujuan Kas Kecil

Kas kecil ini sangat membantu dan berperan penting bagi perusahaan. Karena kas kecil dapat membantu perusahaan dalam proses operasional.

Berikut merupakan tujuan adanya kas kecil :

  1. Dapat meminimalisir pengeluaran atau transaksi yang rumit dan mendadak. Contohnya adalah membeli peralatan alat tulis untuk keperluan perusahaan.
  2. Memudahkan pemimpin pada saat membutuhkan anggaran mendadak dan on time. Contohnya adalah pada saat pemimpin perusahaan harus membayar biaya konsultasi bisnis.
  3. Memudahkan dan memenuhi kebutuhan perusahaan lebih cepat. Contohnya adalah harus membeli kipas angin atau lampu untuk ruang studio perusahaan.
  4. Meningkatkan pelayanan dibidang keuangan. Contohnya adalah melakukan transaksi yang tidak diduga pada saat konsumen melakukan membeli barang atau transaksi pada kasir perusahaan.
  5. Memudahkan divisi keuangan dalam pencatatan transaksi keuangan. Karena terdapat anggaran yang jelas dengan bukti yang pas dan akurat.

 

Ciri Ciri Kas Kecil

Untuk mempermudah dalam membedakan jenis jenis kas, kas kecil memiliki beberapa ciri ciri penting. Ciri ciri kas kecil antara lain :

  1. Jumlah kas kecil dibatasi sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat oleh perusahaan.
  2. Yang memiliki tanggung jawab adalah bagian keuangan khususnya staf keuangan, bukan bagian lainnya.
  3. Penyimpanan kas kecil berada di dalam kotak kecil atau brankas kecil yang disimpan dengan aman di suatu perusahaan.
  4. Penggunaan kas kecil adalah untuk kegiatan rutin harian perusahaan.
  5. Bukti transaksi kas kecil ditandai dengan adanya kuitansi biasa atau nota jual beli.

 

Metode Pengelolaan Kas Kecil

Untuk mempermudah dalam penghitungan dan pembuatan laporan keuangan, kas kecil memiliki metode untuk pengelolaannya. Ada dua metode, antara lain :

  • Metode Tetap atau Imprest Fund System

Metode tetap dipakai ketika jumlah kas kecil dengan jumlah tetap setiap jangka waktu sehingga bisa dilakukan setelah dana sudah habis. Penanggung jawab tinggal mengumpulkan bukti transaksi sebagai acuan pembuatan laporan.

  • Metode Berubah ubah atau Fluctuating Fund System

Metode berubah ubah dipakai ketika masa transaksi bisa berubah ubah. Ketika kas kecil diisi, jumlah nya disesuaikan dengan pengeluaran sebelumnya.

x6zo6

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top